Cara melatih merpati pos racing agar juara sehingga dapat dijual dengan harga tinggi

Pada dasarnya, merpati pos adalah termasuk dalam jenis merpati homer, dengan ciri-ciri memiliki insting homing yang kuat. Jenisnya sangat banyak. Di setiap negara, memiliki jenis burung merpati yang kadang berbeda.

Di Indonesia, dikenal sebagai merpati pos karena pada awalnya, burung ini digunakan sebagai pembawa surat atau pesan. Kertas surat diselipkan, atau diikat pada tubuh atau kaki burung merpati. Pada bagian akhir dari tulisan ini nanti, akan dibawas bagaimana cara melatih burung merpati pos racing agar memiliki insting homing yang kuat, terbang cepat, dan diharapkan dapat manjadi burung trah juara.

Burung dengan histori juara, akan naik harga jualnya, dan juga menghasilkan keturunan yang nilainya juga tinggi.

Pada perang dunia pertama, peranan burung pembawa pesan ini sangat penting. Burung ini menjadi pembawa perintah komando.

Dalam perkembangannya sekarang, jenis merpati pos ini ada yang terus dikembangkan sebagai merpati balap, dan akhirnya ada juga yang dikembangkan sebagai merpati hias.




Jenis-jenis Merpati Pos

Berikut ini adalah jenis-jenis merpati yang masih dalam satu rumpun merpati pos:

1. Modern Racing Pigeon

Merpati pos racing

Merpati pos racing

Ini yang sekarang kita kenal dengan merpati pos racing. Atau sering dikenal sebagai merpati pos balap.

Jenis balapan burung merpati memang ada macam-macam. Balapan burung merpati, di jawa timur disebut andokan yang menggunakan jenis merpati balap kentong. Di daerah lain, ada merpati tinggian.

Untuk merpati balap menggunakan merpati pos, biasanya dilakukan dengan jarak jauh, puluhan, ratusan, bahkan ada yang sampai ribuan kilo meter.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi burung merpati di group FB Diskusi Burung Merpati

Bergabung Group, KLIK

Perlombaan balap merpati pos ada yang menggunakan kandang bersama, atau antar kandang.

Di bawah organisasi POMSI, dibentuklah kandang bersama, yang sering disebut kandang nasional. Sejak tahun 2015 ini, sering dilakukan lomba balap pos ini. Diprogramkan 2 kali perlombaan merpati pos balap racing nasional setiap tahunnya.

2. German Beauty Homer Pigeon

Telah dikembangkan ratusan tahun yang lalu melalui sistem selektif breeding. German homer kini sering dibudidayakan sebagai merpati hias, atau burung kontes.

German Beauty Homer Pigeon

German Beauty Homer Pigeon

3. English Carrier Pigeon

Sama seperti umumnya merpati pos lainnya, ditandai dengan hidung yang besar. Kecepatan terbang yang cukup bagus.

Merpati ini dikembangkan ratusan tahun yang lalu, dan merupakan asal muasal dikembangkannya merpati pos modern racing pigeon.

Merpati pos racing yang kita kenal sekarang adalah hasil persilangan english carrier pigeon ini dengan merpati dari jenis lain.

English carrier juga digunakan sebagai pembawa surat. Sekitar abad 19, di Inggris telah dikembangkan janis ini dengan bentuk yang paling baik, dengan ciri bantuk tubuh yang panjang dan ramping, leher panjang, pial hidung besar dan simetris, dan kelopak mata seperti kacamata.

English Carrier Pigeon

English Carrier Pigeon

4. Dragoon pigeon

Jenis ini biasanya digunakan sebagai merpati hias. Awalnya burung merpati jenis ini dikembangkan secara selektif breeding. Jenis ini juga menjadi salah satu nenek moyang dari modern racing pigeon atau merpati pos yang kita kenal sekarang.

Dragoon pigeon

Dragoon pigeon

5. American show racer pigeon

Jenis burung ini adalah hasil persilangan antara merpati domestik di Amerika dengan racing pigeon terbaik. Persilangan dan pengembangan dilakukan secara selektif breeding.

Pada tahun 1952, di Des Moines, Lowa, Amerika serikat resmi berdiri American show pen racer club.

Dan beberapa tahun berlalu, kata Pen dihilangkan, sehingga menjadi American show racer association (ASRA). Hingga pada tahun 2000, standart american show racer mengalami pembaharuan.

American show racer pigeon

American show racer pigeon

6. Beauty homer de liege pigeon

Jenis ini berasal dari Belgia sebagai jenis yang dikembangbiakkan sebagai merpati konsumsi. Jenis ini tidak terlalu populer di tanah air kita.

Beauty homer de liege pigeon

Beauty homer de liege pigeon

7. Belgian beauty homer pigeon

Sama seperti jenis sebelumnya, jenis merpati ini dikembangkan sebagai merpati pedaging dan berasal dari negara Belgia.

Belgian beauty homer pigeon

Belgian beauty homer pigeon

8. Dutch beauty homer pigeon

Sebagaimana namanya, burung ini berasal dari Belanda. Pada perang dunia kedua, jenis ini dikenal sebagai burung pembawa pesan. Sekarang, dalam perkembangannya burung ini dikembangkan sebagai merpati hias dan merpati kontes.

dutch-beauty-homer-pigeon

9. Exhibition homer pigeon

Jenis merpati ini berasal dari Inggris. Ciri merpati ini memiliki pial hidung yang maju mendekati ujung paruh di depan.

Jenis merpati ini tergolong dalam merpati hias atau kontes (Fancy pigeon)

exhibition-homer-pigeon

10. Genuine Homer Pigeon

Berasal dari Inggris dan banyak digunakan sebagai merpati hias atau kontes.

genuine-homer-pigeon

11. Hungarian giant homer pigeon

Memiliki rumbai di kaki yang panjang. Burung ini sangat unik dan biasanya dikembangkan sebagai burung merpati kontes, atau merpati hias.

hungarian-giant-homer-pigeon

12. American giant homer pigeon

Masih termasuk dalam kerabat merpati pos, tetapi dalam perkembangannya lebih banyak digunakan sebagai merpati hias atau fancy pigeon.

american-giant-homer-pigeon

13. Saddle Homer pigeon

Sering disebut juga Saddleback homer, atau flying saddle. Jenis burung ini berasal dari Amerika. Jenis ini memiliki kelebihan dalam mengasuh anak, sehingga sangat bagus digunakan sebagai merpati pengasuh.

Kemampuan jelajahnya cukup bagus, walaupun masih tidak sebagai merpati pos racing modern sekarang.

saddle-homer-pigeon

14. Scandaroon Pigeon

Burung ini dikembangkan ratusan yang lalu dengan sistem selektif breeding. Homingnya cukup bagus tetapi tidak sebagus modern racing pigeon.

scandaroon-pigeon

Simak artikel tentang merpati hias untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang merpati hias.

Dari semua jenis merpati pos tersebut, modern racing pigeon lah yang memiliki kemampuan jelajah paling bagus, insting hoomingnya juga dinilai paling bagus. Sehingga sampai sekarang masing dikembangkan sebagai burung merpati balap dalam perlombaan jarak jauh untuk merpati racing.

Namun demikian, merpati pos racing juga memerlukan latihan untuk dapat memiliki kemampuan yang luar biasa itu.

Melatih kecepatan dan insting homing juga harus dilakukan secara rutin dan serius.

Cara melatih merpati pos racing agar menjadi juara

Untuk menghasilkan merpati pos racing trah juara maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal standart berkaitan dengan kesehatan burung merpati, cara makan, pola makan, jenis makanan, dan lain-lain juga tak kalah penting.

Burung yang sehat memiliki stamina yang kuat dan ini diperlukan saat terbang jauh. Hal-hal ini diperoleh dari pola makan dan jenis makanan yang bagus.

Tak kalah penting juga populer di kalangan breeder merpati pos, bahwa trah atau keturunan kelas juara juga menghasilkan keturunan yang bagus. Namun demikian, latihan yang konsisten dan pola training yang bagus juga sangat menentukan.

Trah merpati pos juara akan kehilangan kemampuan bawaannya jika tidak pernah dilatih oleh breedernya.

Langkah pertama untuk melatih burung merpati pos agar tahan dalam terbangnya adalah membiasakan untuk rutin terbang. Insting burung merpati adalah terbang di sekitar rumahnya.

Biasakan untuk menerbangkan burung secara rutin dalam jam tertentu. Mereka akan terbang berputar-putar di sekeliling rumah.

Caranya, setelah memberi makan pagi, biarkan mereka agak lama di dalam kandang. Keluar kandang agak siang. Biasanya, mereka cenderung terbang jika telah terlalu lama dan bosan di dalam kandang.

Usahakan jam nya sama setiap hari. Ulangi keesokan harinya, sampai burung merpati pos benar-benar terbiasa terbang setiap kali dikeluarkan dari kandang.

Inilah langkah awal untuk melatih burung merpati terbang setiap hari di sekitar kandang.

Setelah mereka terbiasa terbang, langkah berikut nya adalah melatih mereka terbang dari jauh. Ingat, lakukan ini bertahap dari satu arah terlebih dahulu.

Misalnya, saat awal, lepaskan pada jarak 1 km dari kandang. Ulangi 3 kali saja setiap hari.

Baru jarak diperjauh, misalnya 5 km dengan arah yang sama dari semula. ulangi 3 kali juga.

Demikian seterusnya, jarak semakin diperjauh dengan arah yang sama. Ini juga dilakukan secara berulang.

Untuk arah yang lain, latihan juga sama saja. Mulai dari jarak dekat dulu baru diperjauh secara bertahap.

Hingga burung dapat pulang dari segala penjuru burung ini dilepaskan.

Lakukan latihan ini secara berkelompok atau individu.

Untuk merpati pos yang masih muda, latihan hendaknya dibarengkan dengan seniornya agar mereka memiliki panutan untuk terbang.

Sebenarnya, pola latihan dapat bermacam-macam tergantung breedernya. Tetapi, secara umum, latihan dilakukan secara bertahap.

Latihan yang benar akan menjadikan stamina mpos sangat bagus. Hal ini diperlukan untuk terbang jauh dengan berbagai rintangan yang seringkali tidak diinginkan.

Pola makan yang baik dan latihan yang rutin adalah kunci penting. Seringkali breeder membutuhkan bahan makanan untuk meningkatkan stamina burung dalam bentuk jamu atau vitamin. Salah satu jamu yang bisa dipakai adalah Jamu Ginseng Teki atau bisa menggunakan jenis lain seperti DISINI.

Bagaimana?

Apakah anda memiliki pola latihan dan tips-tips khusus seputar merpati racing ini? Jika ada, boleh dong dibagi di kolom komentar ini, agar dunia per MPos an semakin maju dengan ditemukannya mpos berkualitas dengan hooming yang kuat.

Admin juga akan selalu mengupdate materi website ini agar selalu sesuai dengan kebutuhan pembaca. Jika anda memiliki saran-saran, dengan senang hati dapat kami terima sebagai perbaikan di kemudian hari. Mohon tulis saran anda juga di kolom komentar. Terima kasih.

Berhubungan dengan:

  • merpati pos
  • merpati pos racing
  • ciri merpati pos jarak jauh
  • cara melatih merpati pos
  • ciri merpati racing
  • merpati racing
  • ciri merpati pos racing
  • merpati pos juara
  • merpatipos
  • burung pos

Add Comment