Jenis Burung Merpati Berdasarkan Ukuran Badan

Berdasarkan uraian pada artikel sebelumnya tentang sejumlah jenis burung merpati yang sedang populer pada saat ini. Namun, jika Anda melihat lebih jauh lagi, maka sebenarnya burung merpati tersebut bisa dibedakan berdasarkan beberapa hal, Misalnya berdasarkan ukuran badan, bentuk badan, dan warna bulu. Untuk lebih jelas mengenai hal tersebut dapat Anda baca di bagian selanjutnya.

Umumnya, burung merpati berukuran besar selain digunakan sebagai merpati hias, juga digunakan sebagai merpati pedaging atau merpati konsumsi.

Untuk mendapatkan ukuran badan merpati secara maksimal, diperlukan pengaturan makanan yang baik. Jenis makanan yang secara khusus diperlukan untuk pertumbuhan daging merpati juga sangat diperlukan.

Umumnya, makanan burung merpati pedaging berupa jagung berukuran tertentu. Tidak seperti jagung untuk pakan ayam, jagung untuk merpati berukuran biji lebih kecil. Ini diperlukan agar burung merpati dapat mengisi temboloknya secara penuh. Biasanya kalau burung merpati diberi makan jagung berukuran besar, burung menjadi susah menelan, dan akhirnya hanya makan dapat porsi yang lebih sedikit karena sulitnya menelan jagung tersebut.

Jadi, pakan untuk merpati pedaging memang lebih baik berukuran kecil. Pakan burung jagung kecil dapat anda beli di toko-toko terdekat, atau jika anda ingin mendapatkannya secara lebih mudah karena langsung diantar ke rumah anda, silahkan membelinya DISINI.




Kembali, ke uraian mengenai jenis-jenis burung merpati berukuran besar….

Adapun jenis burung merpati ukuran badan besar yaitu meliputi:

1. Carrier

Jenis burung ini sering disebut sebagai English Carrier. Burung jenis ini telah berasal dari Bazora Persia. Pada mulanya burung carrier ini merupakan burung pembawa berita, tetapi sayangnya selanjutnya ia kalah tenar jika dibandingkan dengan Racing Homer.

Adapun ciri–ciri dari Carrier atau English Carrier yaitu mempunyai bulu keras dan rapat ke badan, pial paruh memiliki warna putih yang bisa membesar sebesar biji kemiri dan baru berhenti setelah usia tiga tahun, kelopak matanya dikelilingi oleh pial dalam bentuk lingkaran yang besar, tinggi burung jenis ini bisa mencapai 45-48 cm dan beratnya mencapai 500-650 gram. Warna burung Carrier ini ada begitu banyak yaitu seperti warna hitam, merah, kuning, putih dan ada juga yang berpita biru.

merpati carrier

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi burung merpati di group FB Diskusi Burung Merpati

Bergabung Group, KLIK

2. Carneau

Burung jenis ini telah berasal dari Belgia Selatan atau perancis utara. Burung Carneau ini telah dikenal sebagai burung konsumsi . Adapun cirri-cirinya yaitu burung ini memiliki berat sebesar 750 gram dan bahkan bisa mencapai 1kg.

burung merpati konsumsi

burung merpati konsumsi

3. Strasser

Burung jenis ini telah dikembangkan di Austria khususnya sebagai burung untuk dikonsumsi. Namun pada saat ini, burung Strasser ini telah kalah populer dibandingkan dengan burung Carneau.   Adapun ciri–ciri burung Strasser ini yaitu ia menyerupai merpati Gazzi Modena, kepala, warna, sayap dan ekornya dapat memiliki berbagai warna dengan badan berwarna putih.

burung merpati strasser

strasser

4. Mondaine

Burung jenis ini merupakan burung keturunan dari merpati perancis dan Italia. Burung Mondaine termasuk burung yang diternakkan untuk konsumsi. namun untuk konsumsi, burung jenis ini kalah populer dengan burung yang lainnya. Adapun cirri dari burung Mondaine adalah memiliki penampilan yang menarik.

burung merpati untuk konsumsi mondaine

burung merpati mondaine

Demikianlah artikel mengenai jenis-jenis burung merpati yang umumnya digunakan sebagai merpati pembawa berita atau merpati konsumsi. Hal ini karena didasarkan pada ukuran badannya yang besar.

Berhubungan dengan:

  • jenis jenis merpati
  • jenis merpati paling besar
  • merpati besar
  • merpati terbesar
  • www burung merpati com
  • merpati terbesar di dunia
  • merpati king jumbo
  • jenis2 burung merpati
  • jenis merpati terbesar
  • merpati jumbo

Add Comment