Jenis-jenis Burung Merpati Hias di Indonesia yang sedang Populer

Burung merpati memiliki jenis yang begitu banyak. Misalnya burung merpati local dan burung merpati import. Pada umumnya burung merpati local adalah burung merpati balap dan burung merpati “getakan”. Burung merpati balap itu sendiri hanya ada di Indonesia saja.

Adapun sebagian besar penyebaran burung merpati balap yaitu di pulau jawa. Kemudian untuk di luar jawa, burung merpati balap tersebut hanya tersebar di beberapa daerah saja misalnya Madura dan lampung. Nah, sedangkan burung merpati import tersebut masuk ke Indonesia termasuk ke dalam burung merpati hias dan ada yang dalam jenis merpati pos racing.

Kemudian untuk jenis burung merpati hias itu  sendiri  ada bermacam-macam. Nah, di artikel ini, kami hanya membatasi yang populer pada saat ini. Untuk jenis yang lain secara lengkap dapat dilihat dalam artikel jenis merpati hias.

Sedangkan jika anda ingin mengetahui jenis-jenis burung merpati pos racing bisa anda lihat disini.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa jenis merpati hias yang sedang populer di kalangan penghobi merpati hias di Indonesia, yaitu meliputi:




Homer

Awal mula burung ini merupakan burung liar yang telah dikenal sebutan Columbia Livia. Namun setelah dijinakkan burung tersebut dikenal dengan nama Racing Homer atau sering disebut sebagai merpati pos . Dari jenis Racing homer tersebut, kemudian muncul beberapa jenis merpati lain yaitu

  • Homer pameran atau exhibition homer. Burung ini telah dikembang biakkan sejak tahun 1990 sebagai burung pameran.
  • German Beauty homer. Burung ini telah dikembangkan di Jerman sejak tahun 1907 sebagai burung pameran. Burung jenis ini mirip dengan racing homer , tetapi ia lebih ramping.
  • Giant Homer. Burung ini telah dikembangkan di negara Amerika Serikat untuk mendapatkan turunan burung yang berbadan besar dan memiliki kemampuan memproduksi anak yang banyak. Adapun burung jenis ini dipelihara untuk keperluan konsumsi.

Pada saat ini, Racing Homer telah dikembangkan di negara Belgia dan Inggris. Seperti yang anda ketahui bahwa burung jenis ini telah digunakan sebagai pengirim berita dan kini telah dikembangkan dengan cara penyilangan kepada burung- burung yang kecepatannya tinggi. Hal tersebut dikarenakan sasaran utamanya yaitu kecepatan. Dengan kata lain, warna dan bentuk dari burung  merpati tersebut adalah nomor dua.

homer

Tumbler

Jenis burung  ini dikenal orang belanda dengan sebutan Tumelaar. Burung jenis ini memiliki keistimewaan  yaitu keistimewaan terbang dari ketinggian tertentu dan akan turun ke ketinggian tertentu dengan melakukan serangkaian salto atau jungkir balik di udara. Pada mulanya jenis burung ini merupakan burung olahraga, tetapi pada saat ini menjadi burung untuk pameran.

Adapun jenis Tumbler ada begitu banyak. untuk lebih jelasnya dapat And abaca dipembahasan berikutnya.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi burung merpati di group FB Diskusi Burung Merpati

Bergabung Group, KLIK

  • English Shorfaced Tumbler. Burung jenis ini merupakan burung yang memiliki ukuran kecil , padat, dan leher jenjang mungil , namun memiliki dada yang kokoh. Ketika dalam keadaan berdiri biasa, burung jenis ini ujung sayapnya akan menggantung lebih rendah dari kedudukan ekor. Hal ini merupakan cirri  yang menonjol dari burung tersebut. selain itu , bagian muka dari kepalanya burung jenis ini memiliki bentuk menonjol agak jauh ke depan daripada paruhnya yang berukuran pendek. Kemudian , jika burung jenis ini dipelihara dengan tujuan untuk keperluan pamerana, maka kemampuannya untuk terbang tinggi dan jungkir balik pun hilang. Jika burung ini diternakkan akan memiliki berbagai variasi warna bulu.

 

  • Birmingham roller. Burung jenis ini telah dikembangkan di Birmingham (di Inggris) sebagai burung yang memiliki keistimewaan terbang. Adapun kemampuan yang dimiliki burung jenis ini yaitu kemampuan untuk jungkir balik dan berputar- putar di udara . hal tersebutlah merupakan sasaran utama pemeliharaannya. Kemudian untuk kemampuan jungkir balik atau trumble burung jenis ini yaitu salto ke belakang dan berputar- putar (spin) dengan kecepatan tinggi sekali. Hal tersebut dilakukan dimulai dari ketinggian yang cukup tinggi dan berakhir setelah berada pada ketinggian yang rendah. Karena kemampuan yang dimiliki burung  merpati jenis ini telah menjadi acara pertandingan yang menarik bagi para penggemarnya. Dengan kata lain, burung Birmingham Roller ini telah menjadi burung pamerab bahkan cara- cara penilaianyya pun telah dibakukan.

 

  • Flying tippler . Jenis burung ini merupakan burung yang dikembangkan dari flying tumbler. Burung ini dipelihara karena kemampuannya terbangdalam waktu yang cukup lama.Adapun jenis burung ini yang baik yaitu dapat terbang terus menerus selama 20 jam.

 

  • Parlour tumbler. Jenis burung ini disebut sebagai Ground Tumbler atau house Tumbler. Pada umumnya burung ini diternakkan karena kemampuannya lompat ke udara, kemampuannya melakukan saltto sekali atau dua kali kea rah belakang dan kedua kakinya  hinggap kembali ke tempat semula.

tumbler

Cumulet

Burung jenis ini merupakan jenis burung Tumbler dari perancis yang mana mampu untuk terbang tinggi dan juga merupakan salah satu nenek moyang dari jenis burung Racing Homer.

Adapun jenis burung Cumulet ini memiliki bentuk badan yang berukuran sedang tetapi serasi, dadanya bidang, sayapnya panjang dan kokoh, dan kakinya agak pendek. Pada umumnya jenis burung ini memiliki warna bulu putih dan ada juga yang memiliki warna bulu bintik- bintik merah di kepala atau leher.

Tampak pada gambar, bahwa semua burung merpati diberi identitas dengan menggunakan ring yang melingkar di kakinya. Kebanyakan ring burung dipasang sejak piyik (sejak kecil). Terutama ring dari besi/logam. Tetapi, ada juga ring yang bisa dipasang saat burung merpati sudah dewasa. Ada banyak jenis ring. Anda dapat membeli ring burung merpati DISINI.

cumulet

Flight

Burung jenis ini telah dikembangkan di negara Amerika dan burung ini merupakan ras tersendiri. Dari kelompok burung ini telah ditemukan burung yang dikenal dengan nama Domestic Flight. Burung jenis ini memiliki kemampuan terbang tinggi meskipun dengan ukuran badan sedang, paruh tampak memanjang dan kepala ramping berjambul (ada yang berjambul dan ada juga yang tidak ada).

Kemudian jenis burung ini pun telah memiliki ciri mata putih dengan lingkaran tengah dari mata (selaput mata) bagus.  bentuk mata  inilah merupakan letak rahasia kemampuan jenis burung ini khususnya kemampuannya di dalam melihat jauh saat merpati terbang tinggi.

Selain  itu, ada juga burung dari jenis flight ini yang telah diberi nama Show Flight. Jenis burung Show flight ini telah memiliki ciri-ciri badan yang lebih gemuk dan kepala lebih besar daripada jenis domestic Flight.

Pada umumnya, burung ini diternakkan olah banyak masyarakat. Hal tersebut dikarenakan kemampuannya terbang tinggi dan memiliki keindahan yang dapat dijadikan sarana untuk dipamerkan.  Adapun warna kedua burung yang diternakkan adalah dengan warna hitam, kuning, merah dan abu-abu cokelat.

flight

Berhubungan dengan:

  • jenis merpati
  • jenis burung merpati
  • jenis burung dara
  • jenis jenis burung dara
  • spesies merpati dan dara
  • jenis jenis burung merpati
  • Macam macam burung merpati
  • macam macam spesies merpati dan dara
  • macam macam merpati
  • macam macam burung dara

Add Comment