Jenis-jenis merpati hias bagian lanjutan

Setelah pada bagian sebelumnya kita telah membahas mengenai jenis-jenis burung merpati hias yaitu, jacobin pigeon, Frillback Pigeon, Barb Pigeon, dan Old German Cropper. Pada bagian artikel ini kita akan melanjutkan jenis-jenis burung dara hias yang lainnya. Berikut ini ulasannya dan selamat membaca.

5. Chinese Owl

Chinese Owl adalah jenis merpati hias mewah yang telah lama dikembangkan oleh Owls Breeding Chinese selectif. Pengembangan turunannya berlangsung bertahun-tahun bersama-sama dengan varietas burung merpati yang lainnya. Kebanyakan yang dikembangkan adalah varian dari keturunan Rock Pigeon (columbia livia). Hasil dari proses perkembangbiakan ini dikenal karena ukuran burung merpati yang dihasilkan kecil dan memiliki bulu panjang menjuntai, berjumbai dan berlimpah. Seperti inilah penampakan chinese owl yang lucu dan unik ini:

dara hias chinese owl pigeon

Chinese owl dengan berbagai warna yang lainnya

merpati hias chinese owl pigeone




Chinese Owl pigeon, sebagai varietas merpati hias yang unik

6. Ghent Cropper

Ghent cropper memiliki tubuh yang lebih montok dan tidak setinggi reversewing pouter yang akan dibahas di bawah. Burung merpati mewah ini dikembangkan melalui pembiakan selektif dalam waktu bertahun-tahun. Lehernya besar menggelembung, tidak berjambul, dengan bulu dikaki yang berjumbai panjang. Badan relatif tinggi dengan warna bulu yang mirip dengan merpati lokal pada umumnya. Seperti inilah gambar burung merpati hias Ghent cropper ini:

jenis merpati hias ghent cropper

Ghent cropper dengan bulu kaki panjang/bercelana.

7. English Trumpeter

English trumpeter merupakan jenis burung merpati hias yang unik. Bulu di kakinya panjang dengan jambul melebar di kepalanya. Warna bulu bintik-bintik hitam dan putih. Menurut orang belanda burung merpati hias ini juga disebut Tuimelaar. Keunggulan dan keistimewaan burung ini adalah cara terbangnya. Burung merpati ini dapat terbang tinggi hingga ketinggian tertentu dan akan turun pada ketinggian tertentu dengan serangkaian gerakan salto yang mencengangkan. Gerakan salto atau jungkir balik ini sungguh menarik. Oleh karenanya pada awalnya burung merpati jenis ini dijadikan sebagai burung merpati olahraga, tetapi perkembangan selanjutnya, burung merpati english trumpeter dijadikan sebagai burung merpati hias.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi burung merpati di group FB Diskusi Burung Merpati

Bergabung Group, KLIK

merpati hias english trumpeter pigeon

English Trumpeter yang mengesankan dengan gerakan saltonya

8. Reversewing Pouter

Hampir sama dengan Ghent Cropper, ukuran tubuhnya relatif tinggi dengan kaki panjang dan leher panjang disertai tembolok yang menggelembung. Ini adalah jenis merpati mewah yang telah dikembangkan bertahun-tahun melalui pembiakan selektif. Ini juga merupakan jenis keturunan dari Rock pigeon. Hasil pengembang biakan jenis merpati hias ini dikenal dengan hasilnya yang eye catching. Bentuk indah dan menawan.

dara hias reversewing pouter pigeon

Reversewing Pouter sebagai merpati hias yang tinggi menawan

9. Old Dutch Capuchine

Kepala dan ekornya berwarna hitam dan putih, tetapi mungkin saja warna bulu bisa bervariasi. Perhatikan jenis-jenis warna yang bisa muncul dari varietas merpati hias ini. Yang khas dari jenis merpati hias ini adalah bulu di lehernya yang menyerupai jambul tetapi melebar. Hampir mirip dengan jenis merpati hias sebelumnya yaitu jacobin pigeon. Jenis dara hias ini juga merupakan hasil pembiakan selektif dalam waktu yang lama. Hingga dihasilkan berbagai varietas merpati peliharaan yang diperoleh dari keturunan rock pigeon (columbia livia).

jenis merpati hias Old Dutch Capuchine

Jenis merpati hias old dutch capuchine yang elegan dengan kerah di lehernya

10. Carrier Pigeon

Jenis burung dara hias ini juga merupakan burung merpati pembawa pesan. Ia sering dikenal juga dengan english carrier, yang berasal dari Bazora persia. Sebagai burung pembawa pesan atau berita, popularitasnya memang tidak setenar racing homer. English carrier memiliki ciri seperti umumnya merpati pos, yaitu memiliki bulu dan badan yang keras. Postur ini sangat cocok untuk terbang jarak jauh yang membutuhkan kekuatan tubuh yang diatas rata-rata. Pial pada paruhnya dapat membesar sebesar biji kemiri demikian juga lingkar mata dapat melebar. Perkembangan pial ini baru akan berhenti setelah berusia 3 tahun. Ukuran tinggi badannya rata-rata berkisar antara 45 sampai 48 cm, dengan berat antara 500 sampai 650 gram. Pada umumnya warna bulu english carrier adalah hitam, merah, kuning, putih, dan ada beberapa yang berpita biru.

merpati pos pembawa berita english carrier pigeon

Merpati hias dari golongan merpati pos, english carrier yang mirip dengan racing hommer

Inilah 6 jenis burung merpati hias sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya. Sengaja artikel ini dibuat terpisah-pisah agar ketika anda membaca artikel pada blog burungmerpati.com ini tidak menjadi berat karena loading gambar yang terlalu banyak. Dan ternyata apakah sampai disini saja? tentu tidak, masih ada jenis merpati hias yang belum kita bahas. Kita akan membahas pada artikel selanjutnya ya. Klik halaman 2 untuk melanjutkan membaca. Selamat membaca ya.

Halaman selanjutnya…

Berhubungan dengan:

  • burung dara pos
  • dara pos
  • jenis-jenis merpati
  • jenis-jenis burung dara
  • cara memilih dara
  • kawin silang merpati hias
  • kawin silang merpati kipas
  • jenis merpati yang dapat dijadikan hiasan
  • Berikut merupakan jenis-jenis merpati kecuali
  • burung dara unik dan unggulan

Add Comment