Potensi bisnis burung merpati dan kendalanya

Kegemaran masyarakat atas merpati balap mulai mewabah di kalangan atas ibarat penyakit demam. Oleh karena hal tersebut, tidak mengherankan, jika makin  banyak orang yang mengincar burung merpati balap tersebut. Tak hanya itu, banyak pula orang kaya yang mengoleksi burung merpati balap tersebut sekedar hanya untuk menaikkan gengsi.

Pada umumnya, pembeli burung merpati balap tersebut tak segan-segan mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan burung merpati yang diincarnya. Karena hal tersebutlah, usaha pengembangbiakkan dan jual beli burung merpati balap menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Bisa Anda bayangkan saja, dengan modal Rp 65 juta, peternak merpati balap tersebut bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp 35 juta atau sebesar Rp 53 %. Keuntungan tersebut diperoleh, jika peternak tersebut menjual merpati anakan yang berumur maksimal empat bulan (piyik). Dan jika peternak  memelihra merpati balap tersebut sampai berumur 10 bulan dan di latih terbang, keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar lagi. Bahkan jika burung merpati tersebut berhasil mencatat prestasi di salah satu arena adu cepat terbang, keuntungan yang akan dinikmati oleh pemiliknya akan berlipat-lipat ganda. Tentu saja, keuntungan ini terkait dengan jenis burung merpati yang diternakkan.

Jika Anda menghitung di atas kertas bahwasannya bisnis merpati balap tersebut sangatlah menggiurkan. Namun, Anda jangan begitu nafsu atas hal tersebut. hal tersebut dikarenakan keuntungan yang besar tidak dapat Anda raih dengan mudahnya. Hal tersebut dikarenakan pangsa pasar merpati balap ini sangatlah spesifik dan umumnya mengenal musim.

Selain itu, kendala utama dalam menjalankan bisnis ini adalah belum adanya standardisasi mutu, seperti yang sudah  ada pada peternakan kuda atau perkutut. Karena belum adanya standar mutu tersebut, maka orang  yang berniat terjun ke bisnis perternakan merpati  ini haruslah paham betul tentang seluk beluk merpati balap ini. Jika peternak tidak paham betul tentang hal tersebut, maka kemungkinan besar telah terjadi kesalahan di dalam memilih bibit dan pemeliharaan.

Memilih bibit burung merpati bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal tersebut dikarenakan pada saat ini belum ada kriteria baku yang dijadikan patolan oleh masyarakat awam untuk menentukan bibit yang unggul. Namun, secara umum sudah beredar tentang petunjuk bahwa bibit yang bagus meliputi:




  • Keturunan merpati balap juara
  • Badan burung merpati haruslah seimbang , artinya sayap kiri dan kanannya harus seimbang betul
  • Ketika sayap dikepakkan, kedua ujungnya bertemu membentuk lingkaran
  • Burung harus memiliki mental juara

Baca juga: Ciri fisik merpati berkualitas baik

Asal Anda tahu saja, bahwasannya merpati biasa dengan merpati biasa tidak ada bedanya, namun perbedaan akan tampak pada bulu-bulu pada sayapnya. Misalnya jika bulu sayap merpati biasa berbentuk runcing,  sedangkan burung balap mempunyai bentuk sayap bulat sehingga kecepatan terbangnya tinggi.  Meskipun tips tersebut sudah beredar di masyarakat, tetapi kenyataannya untuk memilih bibit berdasarkan kriteria di atas tetap saja dibutuhkan jam terbang yang tinggi.

Oleh karena hal tersebut, bagi pendatang baru yang ingin terjun ke bisnis ini ada resep khusunya. Yang pertama yaitu pembisnis baru tersebut harus belajar keras dan pada awalnya harus melibatkan orang yang sudah paham betul tentang seluk beluk merpati balap tersebut.  dan jika Anda belum paham betul tentang hal tersebut, jangan sekali- kali  membeli bibit merpati tanpa ditemani oleh orang yang sudah ahli.

Kemudian resep yang kedua yaitu peternak merpati tersebut harus terjun langsung ke lingkungan pecinta merpati balap. Adapun caranya yaitu Anda rajin mengikuti setiap perlombaa balap merpati  dan berusaha untuk masuk ke jaringan pecinta merpati balap.  Hal tersebut sudah bukan rahasia lagi, bahwasannya jaringan antar penggemar meroati balap itulah yang mengendalikan harga dari merpati balap. Hal tersebut dikarenakan mereka mengetahui secar persis tentang siapa saja konsumen pontesialnya. Nah, dengan masuk ke jaringan pencinta merpati balap tersebut, Anda akan memiliki akses untuk mendapatkan indukan yang unggul. Hal tersebut dikarenakan tidak ada standar mutu, maka indukan yang dianggap paling layak adalah merpati balap mantan juara.

Indukan yang mantan juara tersebut dijadikan semacam jaminan bahwa anak yang dihasilkan suatu hari nanti juga akan menjadi jagoan di arena balap. Jadi, meskipun sebenarnya kualitas burung merpati tersebut bagus, namun kalau Anda belum punya nama dikalangan pencinta dan peternak burung merpati. Maka Anda harus bersiap-siap, bahwasannya harga jual merpati Anda tersebut akan jatuh di bawah harga jual peternak lain yang sudah terkenal.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi burung merpati di group FB Diskusi Burung Merpati

Bergabung Group, KLIK

Bermacam-macam obat kuat buat si pembalap

Peternak burung merpati mau tak mau harus masuk dan membangun jaringan antara satu dengan jaringan yang lainnya. Nah, untuk mengenali silsilah seekor burung merpati balap yaitu dengan adanya semacam cincin yang dilingkarkan di kaki si burung, namun tak jarang cincin tersebut palsu.

Untuk itu, guna mengatasi hal tersebut pembeli harus selalu melacak asal usul merpati tersebut. pelacakan tersebut umumnya dilakukan dengan cara mencari informasi kepada jaringan pencinta burung merpati. Hal tersebut dikarenakan para pencinta merpati tersebut tahu persis tentang merpati mana yang pernah jadi juara dan siapa pemliknya. Adapun merpati balap yang paling mahal adalah merpati yang berhasil mencatat prestasi sebagai nomor pertama di dalam sebuah kejuaraan. Faktor keturunan saja tidak menjamin  keperkasaan seekor burung merpati balap untuk bisa memenangkan sebuah balapan. Untuk bisa memenangkan pertandingan tersebut, burung merpati Anda tersebut harus dibimbing oleh seorang pelatih yang sering disebut joki. Sang joki inilah yang kemudian melatih burung merpati Anda untuk bisa terbang berdasarkan karakter yang melekat pada burung merpati tersebut.

contoh kandang burung merpati

Kemudian yang terakhir, jika burung merpati Anda  bisa terbang cepat, kuat dan mampu memenangkan suatu pertandingan. Merpati Anda tersebut haruslah diberi berbagai macam obat kuat secara teratur yaitu mulai dari jamu-jamuan tradisional seperti telur ayam kampung, madu dan kunyit hingga hemaviton  dan vitamin lainnya.  Bahkan untuk burung merpati juara, pemiliknya pun tak segan-segan untuk mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya untuk membeli ginseng, sarang burung wallet atau semacam akar-akaran oba cina yang bernama wang seng.

Berikut ini salah satu jamu burung merpati ginseng teki bisa anda lihat disini. Harganya tidak terlalu mahal. Barangkali bisa membantu anda dalam mendapatkan salah satu jamu untuk burung merpati kesayangan anda.

Jamu burung merpati ini juga bermacam-macam. Salah satu yang populer adalah jamu herbal burung merpati. Silahkan klik link tersebut untuk mengetahui harga dan deskripsi produk secara lebih lengkap.

Akhirnya, demikianlah artikel tentang peluang usaha burung merpati yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan. Mungkin saja banyak kendala dan masalah. Tetapi, dengan ketekunan, pasti ada solusi untuk setiap masalah itu.

Berhubungan dengan:

  • bisnis burung merpati
  • potensi jual burung merpati
  • keuntungan beternak burung merpati
  • kandang merpati paling cantik
  • cara jualan merpati
  • cara bisnis jual beli burung merpati
  • bisnis merpat
  • Bisnis jualan merpati tinggian
  • bisnis dara
  • usaha jual beli burung merpati agar sukses

Add Comment