Ciri-ciri Burung Merpati Balap yang Bagus

Ciri-ciri burung merpati balap yang bagus dapat dilihat dari bentuk fisiknya yang ideal. Bentuk tubuh merpati balap yang bagus akan menunjang keberhasilan merpati balap menjadi juara disamping kebiasaan latihan dari pelatihnya yang baik pula. Untuk menghasilkan burung merpati balap yang berkualitas baik dan calon juara, diperlukan serangkaian latihan yang tepat dan kesabaran dari pelatihnya.

Satu hal yang juga penting dalam memilih merpati balap yang baik adalah kualitas indukannya. Dengan memperhatikan silsilahnya, kita dapat memperkirakan kualitas dari seekor burung merpati balap. Hal ini karena faktor genetik juga turut mempengaruhi kualitas burung merpati balap, apalagi jika hal ini berkaitan dengan burung merpati hias. Merpati balap dan merpati hias juga dilihat dari ciri-ciri fisiknya untuk melihat kualitas baik dan buruknya.

Secara fisik, burung merpati balap yang baik akan memiliki ciri-ciri kurang lebih seperti yang akan disampaikan berikut ini. Walaupun secara personal, setiap orang akan memiliki kategori sendiri berdasarkan pengalamannya dalam memilih burung merpati yang dianggapnya akan menjadi calon juara balap. Berikut ini ciri fisik yang bisa dijadikan salah satu pertimbangan untuk memilih burung merpati balap yang baik.

1. Burung merpati balap yang baik memiliki postur tubuh yang ideal

Bentuk badan secara keseluruhan ideal, artinya tidak terlalu gemuk juga tidak terlalu kurus. Tidak terlalu montok juga tidak terlalu kecil. Hal ini juga akan mendukung performa burung merpati balap saat terbang. Burung merpati balap yang baik dapat terbang dengan cepat, dan ini memang yang diharapkan. Postur tubuh merpati balap yang baik streamline sehingga memungkinkan burung merpati terbang dengan lincah dan bebas hambatan.

Berikut ini adalah contoh gambar burung merpati balap kolongan yang gagah dengan dada yang bidang. Warna merah kelabu dan mata kuning dengan tatapan tajam.




Owh iya, umumnya burung merpati semakin gagah dengan adanya ring yang melingkar di kakinya. Burung merpati tampak angker dengan ring kaki yang biasanya dipasang sejak kecil/piyek. Jika telat dipasang, anda bisa menggunakan Ring Klep Penanda yang bisa dipasang saat burung merpati sudah dewasa.

Nah, berikutnya kita lanjut ciri-ciri merpati yang cocok untuk lomba kolongan, atau andokan. Silahkan melanjutkan membaca di point kedua.

ciri-ciri burung merpati balap yang baik dengan postur ideal

Burung merpati balap yang bagus memiliki tubuh ideal (source image: www.beritane.com)

2. Merpati balap yang baik memiliki leher jenjang tetapi tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek

Ukuran dan bentuk leher sangat mempengaruhi kelincahan burung merpati saat terbang. Leher bagi burung merpati adalah seperti stang kemudi yang mengarahkan kemana burung merpati akan terbang. Leher yang terlalu pendek tidak menunjukkan kelincahan yang cocok yang dibutuhkan oleh burung merpati balap. Dan leher yang terlalu panjang (seperti pada burung hias tertentu, misalnya seperti burung merpati pajer) akan membuat penampilan terbang burung menjadi lambat dan berkurang kelincahannya.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi burung merpati di group FB Diskusi Burung Merpati

Bergabung Group, KLIK

laher ideal untuk burung merpati balap yang berkualitas

Leher burung merpati balap yang bagus ideal panjangnya, tidak terlalu jenjang dan tidak terlalu pendek (source image: www.ayamlover.blogspot.com)

3. Merpati balap yang baik memiliki badan dan dada tegap

Ini ciri yang paling umum. Burung merpati balap yang baik memiliki badan tegap dan gagah. Burung merpati jantan yang gagah selain dapat menarik pasangannya juga sangat menarik bagi para penggemarnya. Leher yang yang besar karena membekur (bersuara untuk menarik hati pasangannya untuk kawin) sangat menarik untuk dilihat.

Postur badan yang tegap ini sangat mendukung kelincahan dan kecepatannya saat terbang. Dengan memilih postur badan yang tegap untuk menghasilkan burung merpati balap yang bagus, maka dengan begitu kita dapat melanjutkan pada program pelatihan burung merpati balap pada tahap selanjutnya.

Program latihan yang baik akan meningkatkan stamina burung saat perlombaan. Untuk mendapatkan stamina burung yang baik, banyak orang menggunakan jamu atau suplemen tambahan. Tentu saja selain menggunakan bahan makanan burung yang bergizi dan sehat.

burung merpati balap badan tegap dan gagah

Ciri merpati balap yang baik adalah badan tegap (source image: www.anekaberita.info)

4. Burung merpati balap yang bagus memiliki sayap panjang

Sayap pada burung merpati balap yang baik cukup panjang. Pada saat melipat sayap, posisi panjang sayap akan sama dengan ujung ekor. Ujung sayap berada pada posisi sepanjang ujung ekor. Atau jika tidak, panjang sayap tidak terlalu jauh dari ujung ekor. Dengan sayap yang panjang dan kuat, ini akan mendukung kecepatan burung merpati balap saat terbang di dalam perlombaan.

Anda bisa perhatikan gambar di atas, posisi ujung sayap sejajar sama panjang dengan ekor burung merpati. Ini menunjukkan bahwa bentuk sayap sudah cukup bagus. Tetapi inget, posisi ini dilihat bukan saat ekor burung merpati balap sedang tidak tumbuh dalam posisi maksimalnya, misalnya saat sedang ekor baru rontok dan baru tumbuh, karena hal ini tidak bisa dijadikan ukuran.

Satu hal lagi berkaitan dengan sayap burung merpati balap yang bagus adalah, sirip sayap pada lembaran-lembaran sayap tepi berbentuk lurus, tidak melengkung. Perhatikan sayap burung merpati berikut. Inilah pada umumnya bentuk sayap pada burung merpati.

sayap burung merpati balap

Sayap burung merpati balap (sumber: www.postingan-nafsu.blogspot.com)

Pada umumnya sirip bagian luar berbentuk melengkung, tetapi burung merpati balap yang baik dan calon juara berbentuk lurus dan penuh. Di samping itu, umumnya sayap burung merpati, pada helai paling luar memiliki panjang yang lebih pendek dari helai lebih dalamnya (perhatikan gambar di atas). Pada burung merpati balap yang baik, helai paling luar dari bulu sayap memiliki panjang yang paling panjang dari helai lainnya. Sehingga akan berbentuk lurus dari dalam keluar karena helai paling luar akan paling panjang.

5. Burung merpati balap yang bagus terbang dengan ketinggian yang pas

Di saat terbang balapan, burung merpati balap mampu mengukur ketinggian terbang dengan ketinggian yang pas. Tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Sesuai dengan jarak dari betinanya. Umumnya untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal, burung merpati bisa mengukur kapan waktunya terbang naik dan kapan waktunya terbang merendah. Hal ini sangat terkait dengan latihan yang biasanya dilakukan oleh sang pelatih burung merpati balap.

Demikianlah beberapa ciri burung merpati balap yang bagus. Seiring dengan waktu dan pengalaman, setiap penangkar burung merpati balap dapat mengetahui tanda dan ciri burung merpati balap yang bagus yang lain dengan memegangnya atau bahkan hanya dengan melihatnya saja. Ok. Itu dulu bahasan tentang burung merpati kali ini. Semoga dapat bermanfaat. Salam berbagi. ­čÖé .

Berhubungan dengan:

  • ciri ciri merpati balap
  • burung dara balap
  • ciri merpati balap
  • cara memilih merpati balap
  • gambar burung dara
  • gambar burung merpati
  • gambar merpati balap
  • ciri ciri merpati bagus
  • ciri ciri burung dara balap
  • ciri ciri burung merpati balap

8 Comments

  1. KRISNA ARDIANTO December 26, 2015
  2. alwi March 18, 2016
  3. novel April 28, 2016
  4. aulia zilfara July 23, 2016
  5. yazid October 21, 2016
    • chin suii November 11, 2016
  6. chin suii November 11, 2016
  7. asep May 28, 2017

Add Comment