Cara Merawat Dan Memelihara Burung Merpati

Apakah Anda salah satu pencinta burung merpati? Jika Anda merupakan salah satu pecinta burung tersebut sangat kebetulan sekali, karena di artikel ini, kami akan membahas mengenai hal tersebut.

Burung merpati  merupakan salah satu jenis burung yang apabila diliarkan atau dilepas, mereka akan kembali ke kandangnya sendiri. Burung jenis ini termasuk jenis burung yang mudah untuk dirawat.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk merawat burung ini, anda tidak usah susah mencarinya. Hal tersebut dikarenakan jenis burung merpati ini banyak dijual di pasar burung di Indonesia.

Sebelum Anda beternak burung merpati ini, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang cara beternak burung merpati dan sebaiknya Anda pun memilih induk burung merpati dengan kualitas yang unggul. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda dapat menghasilkan keturunan burung merpati dengan kualitas yang unggul pula.

burung-burung merpati makan




Nah, bagi anda yang tertarik ingin merawat atau berternak burung merpati, ada beberapa tips sederhana saat memilih burung merpati untuk kepentingan Anda tersebut yaitu sebagai berikut

  1. Beli burung merpati yang sehat

Tips pertama adalah anda harus membeli burung merpati yang sehat . Adapun cirri burung merpati sehat yaitu meliputi  burung tersebut memiliki bulu yang bagus, pada bagian ujung sayap burung merpati tersebut tidak melor atau tidak turun dan yang terakhir yaitu  jika burung merpati tersebut ditangkap  oleh Anda dengan tangan maka reaksi atau perlawanan burung merpati sangatlah besar.

Baca juga: Ciri-ciri Merpati Berkualitas

  1. Jangan pilih merpati yang tua

Tips kedua adalah Anda usahakan jangan membeli burung merpati yang sudah tua. Hal tersebut dikarenakan sangat kecil kemungkinan  burung tersebut untuk bereproduksi atau bahkan burung tersebut waktu hidupnya tidak dapat berlangsung lama. Nah, adapun ciri-ciri burung merpati yang sudah berusia tua yaitu daging di sekitar paruhnya terlihat tebal, bagian lubang hidungnya juga terlihat adanya kerutan daging tebal , dan yang terakhir paruhnya tidak mengkilat ketika Anda lihat secara cermat.

  1. Perhatikan burung merpati dari jauh

Tips ketiga adalah jika pada saat anda memilih burung merpati di antara banyak burung merpati lainnya yang ada di dalam satu sangkar, sebaiknya Anda jangan terlalu dekat dengan sangkar burung merpati tersebut. Yang Anda lakukan yaitu mencermati perilaku para burung merpati tersebut dari kejauhan.

Silahkan bergabung dengan sesama penghobi burung merpati di group FB Diskusi Burung Merpati

Bergabung Group, KLIK

Hal yang harus Anda ketahui ketika Anda mencermati perilaku burung merpati tersebut, Anda akan melihat satu burung merpati di dalam sangkar tersebut memiliki sifat yang paling dominan diantara yang lainnya, burung tersebutlah merupakan raja  dari burung- burung merpati yang lainnya tersebut.

  1. Pilih indukan dan pejantan yang tepat

Tips terakhir adalah sebelum memilih burung merpati sebelum diternakan atau dirawat sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu khususnya tentang hal ciri- ciri antara induk pejantan burung merpati dan induk betina burung merpati. Induk pejantan burung merpati biasanya memiliki paruh yang lebih tebal dibandingkan dengan induk betina.

Kemudian ukuran kepala induk pejantan burung merpati lebih panjang dan besar dibandingkan dengan induk betina, dan yang terakhir bulu induk pejantan merpati lebih mengkilap dibandingkan dengan betina. Nah, untuk ciri umum burung jantan merpati dan betina yaitu ketika burung pejantan merpati didekatkan dengan burung pejantan atau betina lain, maka burung merpati tersebut akan berkutut atau bekur.

Selanjutnya, hal penting juga dalam merawat burung merpati yang baik adalah pemberian pakan yang baik. Cara memberi makan burung agar cepat gemuk selanjutnya dibahas dalam artikel DISINI.

Dan untuk menjaga stamina burung merpati, kadang diperlukan suplemen tambahan. Hal ini penting untuk menjaga agar burung tahan terhadap penyakit. Pemberian vaksinasi secara teratur juga sangat diperlukan. Jangan sampai burung merpati terkena penyakit tetelo sebagaimana telah dibahas sebelumnya.

Bagaimana? apakah anda mempunyai trik khusus dalam memilih burung merpati peliharaan anda sendiri? Alangkah senang jika anda berkenan membagi kepada kita semua dalam kolom komentar berikut ini. Terima kasih sebelumnya ya.

Berhubungan dengan:

  • cara merawat burung dara
  • cara merawat merpati
  • cara merawat burung merpati
  • cara memelihara burung merpati
  • cara memelihara burung dara
  • cara memelihara merpati
  • merawat merpati
  • cara memelihara merpati yang baik
  • merawat burung dara
  • Memelihara merpati

34 Comments

  1. miftah November 1, 2015
    • taufiqul November 1, 2015
  2. shohib November 15, 2015
    • Taufiq November 29, 2015
  3. uju hartono December 20, 2015
  4. diaz February 8, 2016
    • taufiqul February 14, 2016
  5. Wiwik February 13, 2016
    • taufiqul February 14, 2016
  6. sugita February 21, 2016
    • taufiqul February 22, 2016
  7. rafly February 25, 2016
    • taufiqul February 27, 2016
  8. triman April 19, 2016
  9. abem May 4, 2016
  10. Pigeon June 22, 2016
  11. Rosyad Aslam July 2, 2016
  12. yopi July 19, 2016
  13. Bang Beng Beng August 23, 2016
    • taufiqul August 23, 2016
  14. moreno August 27, 2016
    • taufiqul August 27, 2016
  15. vikry September 12, 2016
  16. yuda November 11, 2016
  17. Zaidan November 21, 2016
  18. Rian May 9, 2017
  19. bangkit jr May 17, 2017
    • taufiqul May 19, 2017
  20. Fajrin September 5, 2017
    • taufiqul khasan September 5, 2017
  21. Gilang December 15, 2017
    • Taufiqul Hasan December 15, 2017
  22. denggomez December 20, 2017

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.